Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8761Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan, terutama di era milenial yang didorong oleh teknologi informasi. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai media pendidikan memberikan banyak manfaat, termasuk dalam transmisi pengetahuan dan pengembangan penalaran analitis. Namun, model pembelajaran klasikal yang masih banyak digunakan sering kali tidak cukup efektif untuk mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran berbasis kelompok seperti Team Games Tournament (TGT) menjadi solusi yang relevan. TGT tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga mendorong kolaborasi antar siswa, yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 03 Madiun Lor melibatkan dua puluh delapan siswa kelas lima, menunjukkan bahwa penerapan teknik TGT dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Partisipasi aktif siswa dan pencapaian metrik keberhasilan yang meningkat pada setiap pertemuan menjadi indikator bahwa teknik TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran inovatif seperti TGT tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan sosial dan kolaboratif yang sangat diperlukan dalam menghadapi dunia yang semakin kompetitif. Hal ini menunjukkan pentingnya adaptasi metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 104-111.
Aje, A. U. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Achievement Division (STAD) & Team Games Tournament (TGT). Jakarta: CV.Azka Pustaka.
Chairani. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Metode Team Game Tournament. Purwokerta: CV. Tatakata Grafika.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: KENCANA.
Inajati, A. S. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Journal of Student Research, 01-06.
Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., . . . Anggraeni, D. (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Pekalongan : PT. Nasya Expanding Management.
Lestari, R. T., Wijayanti, P. S., & Herawati, T. R. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 599–605.
Muchlison, A. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Guru Bidang Studi SD Negeri 1 Pucanglaban Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan, 1-10.
Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). KETERAMPILAN BERBAHASA. Jakarta: Guepedia.
Pertiwi, P. I., Agustini, S., & Nurhakim, Y. F. (2022). Analisis Pengaruh Inovasi Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 818-823.
Sahyani, N. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Teams Games Tournament Dalam Penanaman Sikap Sosial Siswa Di Kelas V SDN 17 Krui Pesisir Barat. Lampung: UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 247–255.
Tahrim, T., Owon, R. A., Tabun, Y. F., Bahri, S., Nikmah, N., Sukasih, S., . . . Qadrianti, L. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yani, J., & Fitri, E. S. (2023). Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Tatakata Grafika.
hasan asi. (2017). Hasan N. Jurnal Pendidikan Pengajaran Prokram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1, 41.
Hidayati, N., & Istiqfarin Al Isa, R. (2023). Penerapan Model PembelajaranTeams Games Tournament (TGT)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia MateriBentang Alam Peserta Didik Kelas IV SDN Panggreh 2 JabonSidoarjo. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(Juni), 204–210.
Marwati, E., Anugrahana, A., & Yan Ariyanti, P. B. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601–2607. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5609
Rindengan, M. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Bassed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 12(4), 857–866. https://jurnaldidaktika.org
Suardin, Hamiyani, & Fazila, N. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada siswa sekolah dasar. Journal Of Social Science Research, 3(4), 4437–4446.
Suwiti, N. K. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 89–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.6204383
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. Macmillan.
Piaget, J. (1973). To Understand is to Invent: The Future of Education. Grossman Publishers.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.
Dewey, J. (1938). Experience and Education. Kappa Delta Pi.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "What" and "Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Beshavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
Anwar, M., & Nurhadi, D. (2020). Gamification in Learning: A New Approach to Enhance Student Engagement. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1-15.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wulan Sri Rezeki, Rissa Prima Kurniawati, Ratih Komaladewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).