Pengembangan Media Ular Tangga Digital Pada Materi Pancasila dalam Kehidupanku Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Javier Ghany Zandradafi Universitas Jember, Indonesia
  • Zetti Finali Universitas Jember, Indonesia
  • Dyah Ayu Puspitaningrum Universitas Jember, Indonesia
  • Chumi Zahroul Fitriyah Universitas Jember, Indonesia
  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember, Indonesia
  • Trapsila Siwi Hutami Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8890

Keywords:

media development, digital snake and ladder games, validity, effectiveness, practicality.

Abstract

Media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat baik membantu keefektifan proses pembelajaran dan menyampaikan pesan dan isi materi yang telah disampaikan pada saat jam pembelajaran berlangsung dan sampai akhir. Namun nyatanya media yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Banjarsengon 02 hanyaa buku pedoman, media nyata, dan juga video. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan sebuah media ular tanggaa digital untuk memperkuat dimensi bernalar kritis siswa kelas V SDN Banjarsengon 02 pada materi pancasila dalam kehidupanku; dan (2) untuk mengetahui taraf kevalidan, taraf keefektifan, dan taraf kepraktisan media ular tangga digital yang dibuat pada materi pancasila dalam kehidupanku terhadap siswaa kelas V SDN Banjarsengon 02. Jenis penelitian tersebut yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yangg terdiri atas analyze, design, develop, implement, evaluation. Hasil penelitian ini juga menujukkan berdasarkan hasil penilaian dan persentase kemudian dianalisis t-test diperoleh nilai t-hitung sebesar 14,477. Jika dibandingkan dengan t-tabel dengann taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbandingan 14,477 > 1,681, maka media ular tanggaa digital dinyatakan efektif. Langkah selanjutnyaa merupakan yaitu produk diujicobakan pada ER untuk mengetahui tingkat keefektifannya. dan hasil perhitungan. ER, bahwa ular tangga digital menunjukkan efektifitas sebesar 74,07% yang termasuk kedalam keefektifan tinggi bila dibandingkan dengan buku yang diajar secara konvensional

References

Suparlan, S. (2020) ‘Peran Media Dalam Pembeajaran Di Sd/Mi’, Islamika, 2(2), Pp. 298–311. Available At: Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V2i2.796.

Putri Weldami, T. Et Al. (2023) ‘Model Addie Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi’, Journal On Education, 06(01), Pp. 7543–7551.

Dukha, I. (2022). Laporan Best Practice Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Menulis Iklan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Belik Tahun Ajaran 2022/2023. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–14. Https://Files1.Simpkb.Id/Guruberbagi/Rpp/645317-1670897940.Pdf

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. Https://Doi.Org/10.31800/Jurnalkwangsan.V1i2.7 Miswar, D. (2020). Pelatihan Penyusunan, Pembuatan, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru Di Kecamatan Lemong. Jurnal Pendidikan, 1–10. Https://Bdkbanjarmasin.Kemenag.Go.Id/Berita/Penggunaan-Mediapembelajaran-Bagi-Guru-H-Abdul-Hamid

Monoarfa, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092. Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslpm/Article/View/26259

Published

2024-11-29

How to Cite

Zandradafi, J. G., Finali, Z., Puspitaningrum, D. A., Fitriyah, C. Z., Hutama, F. S., & Hutami, T. S. (2024). Pengembangan Media Ular Tangga Digital Pada Materi Pancasila dalam Kehidupanku Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(6), 4534–4544. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8890

Issue

Section

Articles

Citation Check